Studi Analisis Implementasi Model POE Berbasis Inquiri-Humanistik untuk Meningkatkan Higher Order Thinkng Skill (Hot Skil) Level I pada Praktikum Fisika Dasar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Pre experimental pretest-posttest one group design yang didukung oleh pendekatan kualitatif-deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui studi analisis implementasi model pembelajaran POE (PredictObserveExplain) berbasis Inquiri-Humanistik terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOT) level I; mengetahui efektifitas pembelajaran; dan untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah implementasi model pembelajaran POE berbasis Inquiri-Humanistik mahasiswa pend. Fisika pada praktikum fisika dasar. Subyek penelitian menggunakan satu kelompok subyek tanpa adanya pembanding, yaitu mahasiswa semester II program studi pendidikan fisika pada matakuliah praktikum Fisika Dasar. Data penelitian dilakukan menggunakan observasi dan tes (tes awal/pretest, tes akhir/post tes dan tes HOT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model POE berbasis inquiri-humanistik dapat meningkatkan kemampuan HOT Level I sebesar 5%, uji banding pembelajaran sebelum dan sesudah implementasi berkorelasi 0,307 dan uji regresi implementasi model POE berbasis inquiri-humanistik berpengaruh sebesar 15,2% terhadap peningkatan kemampuan HOT Level I. Diharapkan dengan pengujian pada matakuliah non praktek dapat menghasilkan hasil penelitian yang lebih signifikan.