Pengembangan Desain Pembelajaran Domain Sikap dan Aplikasi Sains untuk Mengoptimalkan Kemampuan Aplikasi dan Karakter Peserta Didik
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran berbasis domain sikap dan aplikasi sains untuk mengoptimalkan kemampuan aplikasi dan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan model R&D (Research and Development) menurut Borg & Gall dengan tahapan menentukan potensi dan masalah., mengumpulkan data dan informasi, mendesain produk, memvalidasi produk, merevisi produk, menguji coba terbatas produk, dan merevisi produk setelah uji coba terbatas. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan rata-rata dan jumlah total. Berdasarkan hasil validasi, pengembangan desain pembelajaran berbasis domain sikap dan aplikasi sains layak digunakan untuk mengoptimalkan kemampuan domain aplikasi dan karakter peserta didik kelas X dengan skor rerata silabus 55,5 termasuk kategori “sangat baik” dan rerata total RPP 136 termasuk kategori “baik”. Ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran diperoleh skor rerata 3,96 dikategori “sangat baik” dengan Precentage Agreement 95,1%. Sedangkan skor respon peserta didik 3,36 dikategori “baik”. Tingkat ketercapaian untuk mengoptimalkan kemampuan aplikasi sebesar 85% dengan rerata 4,3 termasuk kategori ‘sangat baik” dan ketercapaian karakter peserta didik 73% dengan rerata 3,6 termasuk kategori “baik’. Dengan demikian, desain pembelajaran berbasis domain sikap dan aplikasi sains dapat digunakan untuk mengoptimalkan kemampuan domain aplikasi dan karakter peserta didik.