Pengembangan Ekonomi Kreatif Melalui Pembuatan Sabun Cair ; Sebuah Upaya Pemberdayaan Anggota Aisyiah di Wilayah Solo Raya

Main Article Content

Rois Fatoni
Siti Fatimah

Abstract

Ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep ekonomi di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan stock of knowledge dari Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonomi. Struktur perekonomian dunia mengalami transformasi dengan cepat seiring dengan pertumbuhan ekonomi. Dari yang tadinya berbasis Sumber Daya Alam (SDA), kemudian menjadi berbasis Sumber Daya Manusia (SDM); dari era genetik dan ekstraktif ke era manufaktur dan jasa informasi; dana perkembangan terakhir adalah masuknya era ekonomi kreatif. Salah satu usaha ekonomi kreatif yang berpotensi menggerakkan tenaga kerja ibu rumah tangga adalah  pembuatan sabun cair untuk mencuci piring atau mencuci tangan.  Majelis Ekonomi Aisyiah area Solo Raya merupakan organisasi yang tepat sebagai target sasaran pelatihan produksi sabun cair tersebut. Sebanyak lima kelompok Aisyiah di lima pengurus daerah Aisyiah di  Karisidenan Surakarta telah diberikan pelatihan pembuatan sabun cair. Pelatihan ekonomi kreatif ini sesuai dengan visi pemerintah yakni meningkatkan kemampuan dan kemandirian ekonomi masyarakat melalui pengembangan usaha dan industri rumah tangga. Diharapkan dengan kegiatan ini akan melahirkan masyarakat yang memiliki skill atau kemampuan untuk mampu hidup mandiri dan bisa mengurangi beban ekonomi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles