Implementasi Pendidikan Entrepreneurship di SD Entrepreneur Muslim Alif-A Piyungan Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
Pendidikan entrepreneurship sebaiknya dimasukan dalam pendidikan peserta didik. Melalui pendidikan entrepreneurship diharapkan peserta didik dapat mandiri, memberikan kesempatan oranglain bekerja, mampu bertindak, dan bersikap cerdas dalam menghadapi tantangan. Penelitisn ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pendidikan entrepreneurship, pelaksanaan pendidikan entrepreneurship, dan evaluasi pendidikan entrepreneurship. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru Sekolah Dasar Entrepreneur Muslim Alif-A Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verivikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pendidikan entrepreneurship direncanakan melalui rapat program kemudian guru menjabarakan hasilnya dalam berbagai kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan pendidikan entrepreneurship melalui entrepreneur zone, cooking class,outbond entrepreneur, pesantren entrepreneur, dan kunjungan industri. Evaluasi pendidikan entrepreneurship dilakukan dengan guru membuat catatan untuk menilai perkembangan dan kemampuan peserta didik dalam pendidikan entrepreneurship.