Membangun Karakter Kreatif pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Pembuatan Kerajinan Recycle
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Upaya penguatan karakter kreatif melalui pembuatan kerajinan recycle di SDN Kawatan No 19 Surakarta. 2) Kendala yang dihadapi dalam penguatan karakter kreatif melalui pembuatan kerajinan recycle di SDN Kawatan No.19 Surakarta. 3) Solusi dari kendala yang dihadapi dalam penguatan karakter kreatif melalui pembuatan kerajinan recycle di SDN Kawatan No.19 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru koordinator, siswa, dan orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Pengujian keabsahan data yang di peroleh menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Tahapan analisis data pada penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) penguatan karakter kreatif ditunjukkan dari siswa mampu membuang dan memilah sampah pada tempatnya, serta membuat dan menghias kerajinan reyccle dengan kreatif, 2) Kendala dalam pendidikan karakter kreatif melalui pembuatan kerajinan recycle adalah kurangnya rasa percaya diri siswa dalam memilah sampah dan menghias kerajinan recycle, dan kurangnya dukungan orang tua. 3) Solusi dalam menghadapi kendala yang di hadapi dalam penguatan karakter kreatif melalui pembuatan kerajinan recycle seperti: memberikan perhatian, mengingatkan dan memberi contoh, dan mengadakan rapat rutin dengan orang tua.