Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Matematika
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah penilaian, pelaksanaan penilaian serta kendala dalam proses penilaian portofolio pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah kulitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu 30 orang siswa dari kelas VIII SMP N 1 Kartasura. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode tes, observasi, wawancara, arsip atau dokumen. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode, yakni dengan membandingkan data hasil tes dengan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan: reduksi data, penyajian data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, indikator penilaian portofolio dilakukan dalam empat hal, yaitu: tes, tugas-tugas terstrukur, catatan perilaku harian dan laporan aktivitas di luar sekolah. Hambatan yang dialami guru dalam implementasi penilaian ini adalah pengelolaan waktu, kesulitan dalam validasi keaslian tugas siswa, danĀ jumlah siswa yang terlalu banyak