Pelatihan Pembuatan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Guru-Guru SMK Muhammadiyah 3 Surakarta
Main Article Content
Abstract
Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu penelitian tindakan yang dilakukan oleh guru dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajarannya di kelas. Tindakan tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan suatu metode, strategi, pendekatan, penggunaan media, teknik penilaian, dan sebagainya. Penelitian tindakan kelas merupakan alternatif dalam peningkatan kualitas pembelajaran di kelas karena pelaksanaan tindakan didasarkan pada kondisi riil siswa di kelas, jadi tidak sekadar melakukan tindakan tertentu tanpa didasari tujuan yang jelas. Tujuan pengabdian ini yaitu memberikan wawasan kepada guru-guru tentang langkah-langkah dalam penyusunan proposal penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah presentasi dan diskusi. Sasaran dari pengabdian ini adalah guru SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. Setelah mengikuti kegiatan ini, guru diharapkan dapat menyusun proposal penelitian tindakan kelas dengan baik.