Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Wajib belajar 12 Tahun di Sekolah Inklusi

Main Article Content

Nurul Hidayati Rofiah
Muhammad Ragil Kurniawan

Abstract

Latar belakang penelitian  tngginya angka putus sekolah pada jenjang sekolah menengah, Implementasi wajib belajar 12 tahun yang masih mengalami beberapa kendala, Wajib belajar 12 tahun merupakan hak Anak berkebutuhan khusus, masih ada anak berkebutuhan khusus yang belum mendapatkan akses pendidikan, dan fenomena anak berkebutuhan khusus setiap tahunnya menunjukkan atau mengalami peningkatan jumlah. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui kesiapan guru dalam pelaksanaan wajib belajar 12 tahun. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru SD N taman Sari, Guru  SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta , dan SMA Muhammadiyah 4 Yogykarta. Pengumpulan data menggunakan wawancara  dan dokumentasi. Hasil menunjukkan  guru memiliki kesiapan yang cukup  dalam  pembelajaran anak berkebutuhan khusus   Hal ini terlihat dari kemauan , kemampuan, dan motivasi guru dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles