Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Wajib belajar 12 Tahun di Sekolah Inklusi
Main Article Content
Abstract
Latar belakang penelitian tngginya angka putus sekolah pada jenjang sekolah menengah, Implementasi wajib belajar 12 tahun yang masih mengalami beberapa kendala, Wajib belajar 12 tahun merupakan hak Anak berkebutuhan khusus, masih ada anak berkebutuhan khusus yang belum mendapatkan akses pendidikan, dan fenomena anak berkebutuhan khusus setiap tahunnya menunjukkan atau mengalami peningkatan jumlah. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui kesiapan guru dalam pelaksanaan wajib belajar 12 tahun. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru SD N taman Sari, Guru SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta , dan SMA Muhammadiyah 4 Yogykarta. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil menunjukkan guru memiliki kesiapan yang cukup dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus Hal ini terlihat dari kemauan , kemampuan, dan motivasi guru dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi.