Pengembangan Modul Belajar Siswa Berbasis Teori Multiple Intelligences Pada Mata Pelajaran IPS (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Blondo 1 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan modul belajar siswa berbasis teori multiple intelligences pada mata pelajaran IPS yang dapat digunakan dalam pembelajaran. (2) mengetahui kelayakan modul belajar siswa tersebut berdasarkan penilaian oleh ahli modul, ahli materi, dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan mengadopsi model Sugiyono, yaitu : menggali potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji pemakaian, dan revisi produk. Subyek penelitian terdiri dari : 2 ahli modul, 2 ahli materi, dan 21 siswa kelas V SD Negeri Blondo 1 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan angket (lembar penilaian untuk expert judgement dan siswa). Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) modul belajar siswa berbasis teori multiple intelligences pada mata pelajaran IPS kelas V SD telah dikembangkan melalui sembilan tahap dan dapat digunakan dalam pembelajaran. (2) hasil kelayakan oleh ahli modul diperoleh skor rerata 3,4 (sangat baik). Kelayakan modul oleh ahli materi diperoleh skor rerata 3,3 (sangat baik). Kelayakan modul oleh siswa pada uji coba produk diperoleh persentase sebesar 87,3% (sangat layak). Kelayakan oleh siswa pada uji pemakaian diperoleh persentase sebesar 95,9% (sangat layak). Hasil penilaian tersebut membuktikan bahwa modul belajar siswa layak digunakan dalam pembelajaran