Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Diskusi melalui Te Ka Be bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Article Content
Abstract
Te Ka Be (Teknik Kata Berkait) merupakan teknik pembelajaran yang mengadaptasi cooperative learning. Te Ka Be dalam pelaksanaannya mensinergikan empat keterampilan berbahasa, yaitu: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Te Ka Be menekankan keterlibatan siswa secara penuh, memberi ruang gerak untuk berekspresi secara luas, sebagai subyek dan partisipasi aktif dalam pembelajaran. Dalam pelaksanaannya, Te Ka Be memadukan keterampilan individu dengan keterampilan kerjasama kelompok secara seimbang. Penerapan Te Ka Be dalam pembelajaran bahasa Indonesia, terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa, yaitu: meningkatnya keterampilan menulis teks diskusi, dan terjadinya perubahan sikap/perilaku siswa dari negatif menjadi positif, dari situasi kelas yang kurang kondusif menjadi sangat kondusif sehingga pembelajaran berlangsung efektif. Perolehan nilai rata-rata keterampilan menulis teks diskusi kelas VIII A, prasiklus sebesar 80,69 (B+) dengan daya serap 64,28%, belum memenuhi KKM. Setelah dilakukan tindakan, penerapan Te Ka Be dalam pembelajaran, nilai rata-rata keterampilan menulis teks diskusi pada siklus I meningkat menjadi 89,28 (B+) dengan daya serap 85,71% memenuhi KKM, dan pada siklus II nilai rata-rata keterampilan menulis teks diskusi meningkat menjadi 89,82 (B+) dengan daya serap 100%.