Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Augmented Reality Berbasis Gaya Belajar Siswa
Main Article Content
Abstract
Para peserta didik dapat dimungkinkan mempunyai maksud belajar yang berbeda, latar belakang yang tidak sama, tingkat pengetahuan yang tidak sejajar, kompetensi yang bervariasi, serta gaya belajar yang tidak serupa. Oleh karena itu sebuah sistem pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik sangat layak untuk diwujudkan sehingga para peserta didik memperoleh materi dengan model penyajian yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan kecocokannya dalam belajar. Sebuah sistem pembelajaran berbantuan teknologi komputer perlu didesain untuk memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam membangun secara aktif pengetahuan yang dimilikinya melalui suatu proses adaptif pengorganisasian pengalaman belajar berbasis sistem realitas tertambahkan (Augmented Reality) disingkat AR dengan model aplikasi web untuk menambah interaksi dengan lingkungannya. Metode penelitian menggunakan Research & Development (R&D). Unjuk kerja sistem diujikan dengan menggunakan metode pengujian black-box dan alpha-beta pada setiap modul sistem. Sementara itu metode tindakan kelas (Class Action) dan survey digunakan untuk mengidentifikasi dampak langsung dari media pembelajaran berbantuan teknologi AR ini terhadap peningkatan prestasi peserta didik. Berdasarkan pada serangkaian analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi pada pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik memberikan indikasi adanya peningkatan yang signifikan dalam penguasaan dan pemahaman materi belajar serta penguatan pengalaman baik dalam lingkungan formal maupun non-formal.