Pengaruh Quantum Teaching Tipe TANDUR Berbasis PLECI PALAWIJA Terhadap Penguasaan Konsep Wayang Pandhawa di SD Negeri Pasuruhan 1 Magelang
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran bahasa Jawa kelas IV dengan materi Wayang Pandhawa di SD Negeri Pasuruhan 1 Magelang selama ini masih menggunakan metode dan model yang kurang inovatif dan masih cenderung monoton. Hal ini menyebabkan siswa jenuh, bosan dan pasif sehingga penguasaan konsep Wayang Pandhawa yang memuat tentang karakter dan penokohan wayang belum dikuasai secara optimal. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR berbasis PLECI PALAWIJA terhadap penguasaan konsep wayang Pandhawa pada siswa kelas IV di SD Negeri Pasuruhan 1 Magelang. Penelitian dilaksanakan selama empat kali penelitian dengan lima indikator yang termuat dalam silabus bahasa Jawa kelas IV materi Wayang Pandhawa yang diambil dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep wayang pandhawa siswa meningkat yang dapat dilihat dari hasil post test dan pre test di kelas eksperimen dan kelas control. Hal itu menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR berbasis PLECI PALAWIJA mampu meningkatkan penguasaan konsep wayang pandhawa di SD Negeri Pasuruhan 1 Magelang.