Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Sebagai Sarana Pendidikan Moral

Main Article Content

Surahni Surahni

Abstract

Dewasa ini Indonesia telah dilanda krisis moral. Hal ini terlihat dari banyaknya kasus kriminalitas yang dilakukan oleh pelajar dan tawuran antar pelajar. Hal ini mengindikasikan kurang sempurnanya pelaksanaan pendidikan dalam mengembangkan moral peserta didik. Pendidikan jasmani sebagai suatu wadah pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan peserta didik seutuhnya memiliki kesempatan untuk dapat mengembangkan nilai moral pada pesertai didik. Domain pendidikan jasmani, olaharaga, dan kesehatan (PJOK) yang tidak hanya fisik saja melainkan mencakup kognigtif, afektif, dan juga sosial dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan moral. Selain itu, pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang berbasis teori dan praktik memodalisasi pelaksanaan pendidikan moral sebagi suatu pendidikan yang bersifat abstrak. Pengalaman peserta didik secara langsung dalam menerima pendidikan moral saat pelaksanaan pembelajaran PJOK membantu peserta didik untuk lebih memahami dan menerima nilai-nilai yang diajarankan. Terdapat tiga pendekatan yang digunakan guna optimalisasi pendidikan moral dalam pelaksanaan PJOK. Tiga pendekatan tersebut yaitu: pendekatan belajar sosial, perkembangan struktural, dan pendekatan sosial psikologikal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles