Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SD Kanisius Kintelan I dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Kanisius Kintelan I yang berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dan tes. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan hasil penelitian, keaktifan belajar siswa pada pra siklus menunjukkan bahwa 38% siswa termasuk dalam kategori keaktifan rendah, 33% siswa termasuk dalam kategori keaktifan sedang, dan 27% siswa termasuk dalam kategori keaktifan tinggi. Pada siklus I, 16% termasuk dalam kategori keaktifan rendah, 33% siswa termasuk dalam kategori keaktifan sedang, dan 50% siswa termasuk dalam kategori keaktifan tinggi. Kemudian pada siklus II, 0% siswa termasuk dalam kategori keaktifan rendah, 22% siswa termasuk dalam kategori keaktifan sedang, dan 77% siswa termasuk dalam kategori keaktifan tinggi. Berdasarkan hasil belajar, siswa mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar dimana pada pra siklus rata-rata sebesar 63, pada siklus I sebesar 74, dan pada siklus II sebesar 81. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas IV dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika.

Article Details