Validitas Isi Instrumen Tes UAS Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Main Article Content
Abstract
Peran guru selain sebagai pendidik juga sebagai evaluator. Kegiatan evaluasi sangat menentukan untuk mengetahui ketercapaian pembelajaran yang telah dilaksanakan. Evaluasi dapat dilakukan dengan pengukuran baik dengan tes dan non tes. Ada banyak tes salah satunya tes obyektif yang berupa soal pilihan ganda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas isi instrumen tes soal pilihan ganda UAS genap pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data penelitian in berupa soal ulangan akhir semester genap mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas VII tahun pelajaran 2015/2016. Kegiatan analisis menggunakan teknik analisis isi . Hasil pembahasan menunjukkan bahwa soal pada ulangan akhir semester genap mata pelajaran bahasa indonesia yang dianalisis berdasarkan kevalidan soal dengan melihat KD yang sesuai dengan soal ulangan tersebut ditemukan sebagain besar soal valid namun masih ada juga soal yang tidak valid dan KD tertentu tidak ditulis dalam soal. Sebanyak 39 butir soal sudah sesuai kompetensi dasar sehingga dapat dikatakan valid., sedangkan 6 butir soal belum sesuai dengan kompetensi dasar sehingga dapat dikatakan tidak valid. Selain itu, masih ada KD yang belum ditulis dalam instrumen tes soal UAS. KD yang belum ditulis yaitu 9.2, 10.2, 14.2, 15.1, 16.1, dan 16.2.