Model Pengembangan Perkuliahan Patroli Keamanan Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Karakter Disiplin dan Peduli Sosial pada Mahasiswa PPKn sebagai Bekal Calon Guru dan Pembina Ekstrakurikuler

Main Article Content

Ahmad Muhibbin
Sundari Sundari

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi pelaksanaan perkuliahan Patroli Keamanan Sekolah  pada Prodi PPKn FKIP UMS untuk penguatan karakter disiplin dan peduli sosial; 2) mengidentifikasi tanggapan mahasiswa selama mengikuti perkuliahan PKS. 3) mengidentifikasi tanggapan stakeholder mengenai adanya mata kuliah PKS yang diberikan pada mahasiswa; 4) menghasilkan draft model pengembangan perkuliahan PKS  dalam upaya meningkatkan karakter disiplin dan peduli sosial pada mahasiswa PPKn sebagai bekal calon guru dan pembina ekstrakurikuler.


Penelitian ini merupakan research and development (R&D) yang dilakukan secara bertahap dalam waktu dua tahun. Subjek penelitian mencakup semua pihak yang dapat memberikan informasi yang diperlukan dalam penelitian antara lain dosen, mahasiswa, alumni dan stakeholder. Objek penelitian ini adalah model pengembangan perkuliahan PKS  dalam upaya meningkatkan karakter disiplin dan peduli sosial. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam, Focus Group Discussion (FGD), observasi lapangan, kajian pustaka dan pencatatan arsip. Keabsahan data menggunakan trianggulasi data dan sumber. Analisis data menggunakan analisis interaktif.


Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan perkuliahan PKS  pada Prodi PPKn FKIP UMS:1) mampu menguatkan karakter disiplin dan peduli sosial tetapi belum maksimal sehingga perlu dibuat model pembelajaran yang diprediksi dapat meningkatkan karakter disiplin dan peduli sosial; 2) tanggapan mahasiswa cukup apresiatif dan optimis mengenai keberadaan mata kuliah PKS; 3) tanggapan stakeholder mengenai mata kuliah PKS cukup penting karena belum ada Pembina PKS di sekolah yang mendapatkan mata kuliah PKS padahal setiap sekolah harus ada ektrakurikuler PKS; 4) draf model pembelajaran PKS didesain dengan pendekatan active learning yang selalu melibatkan peran aktif dari mahasiswa mulai dari: presensi kehadiran, presentasi kelompok, diskusi kelas, monitoring aktivitas mahasiswa dan evaluasi tiap tatap muka.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles