Skala Minat Kejuruan: Strategi Mengenali Minat Vokasi Siswa
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun sebuah panduan tipologi minat kejuruan agar siswa memiliki guide dalam menentukan jurusan yang sesuai dengan minat kejuruannya. Penelitian sebelumnya telah disusun skala minat kejuruan yang ditujukan untuk ekplorasi minat siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia, dengan hasil skala yang terbukti valid dan reliabel untuk mengukur aspek minat siswa. Skala minat kejuruan disusun dengan dasar teori “human environment interaction” yang dikemukakan oleh Holland. Holland membagi tipe kepribadian menjadi 6 jenis yaitu tipe Realistik, Investigatif, Artististik, Sosial, Enterprising, dan Konvensional (RIASEC). Penelitian tersebut dilanjutkan pada tahun berikutnya dengan meyusun Skala Minat Kejuruan menjadi sebuah aplikasi komputer yang lebih efisien digunakan untuk mengungkap minat siswa baik secara biaya maupun durasi waktu pelaksaan tes. Skala minat kejuruan ini belum memiliki norma tipologi minat untuk masing-masing paket keahlian yang jumlahnya mencapai 141paket keahlian. Tipologi minat diperlukan untuk menjadi acuan dari tiap paket keahlian, sebagai tipologi standar minat dari orang-orang yang telah berhasil menempuh pendidikan pada paket keahlian tertentu di Sekolah Menengah Kejuruan. Subjek penelitian untuk menyusun profil minat diambil dari siswa kelas XII Sekolah Menangah Kejuruan pada paket keahlian masing-,masing. Hasil dari penelitian ini yaitu tersusun tipologi minat pada sebanyak 22 paket keahlian.