Karakteritik Linearization System Dan Data Acqusition Pada Pengembangan Engine Control Unit-(ECU) Pada EFI Engine Dengan Drive Train
Main Article Content
Abstract
Peningkatan efisiensi bahan bakar, kualitas pembakaran engine dan pengurangan emisi polutan gas buang, menjadi target orientasi teknologi kendaraan. Kedepan kendaraan ramah lingkungan, hemat energi dan nyaman menjadi pioner arah perkembangan teknologi. Dalam bidang gasoline engine saat ini, salah satunya orientasi teknologi dititikberatkan pada pengaturan campuran udara dan bahan bakar (Air to Fuel Ratio – AFR). Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efisinsi bahan bakar, kontrol emisi gas buang dan pencapaian kinerja engine secara optimal. Dua tahun terakhir perkembangan otomotif nasional sudah sampai pada Low Cost Green Car (LCGC) dan Low Carbon Emission Program (LCEP). Namun demikian, Kenyataan yang ada pembakaran pada campuran kurus (lean mixturing) atau setidaknya campuran pembakaran ideal (stoichiometry) pada seluruh rentah putaran engine belum tercapai. Hal ini disebabkan salah satunya kontrol engine yang ada saat ini, sebagian besar hanya pada kontrol internal engine. Aplikasi kontrol engine yang mengintegrasikan kontrol external engine sangat jarang diaplikasikan. Jangka panjang, penelitian tentang kontrol external engine yang melibatkan enviroment, behavior, driving metode dan kondisi kecepatan kendaraan menjadi orientasi target kedepan. Hal ini didasarkan pada keberhasilan penelitian sebelumnya. Metode yang digunakan, dengan mengembangkan ECU yang dikendalikan oleh kontrol drive train. Kontrol drivetrain yang akan dikembangkan dengan transmission control system dan brake control system. Penelitian ini mengembangan rancangan linearization system untuk pengembangkan ECU dengan kontrol drivetrain.