Integrasi Nilai Kebhinekaaan pada Pembelajaran Kemuhammadiyahan sebagai Pembentukan Karakter Kebangsaan Siswa
Main Article Content
Abstract
Pembentukan karakter kebangsaan bagi siswa SD merupakan bentuk pendidikan kebhinnekaan yang terintegrasi dengan proses pembelajaran di kelas. Karakter kebangsaan adalah cirikhas bangsa Indonesia yang sangat beragaman dari suku, ras agama, budaya, bahasa, dan adat kedaerahan. Melalui pendidikan kebhinekaan diharapkan dapat membentuk karakter siswa dalam menginternalisasikan keberagaman dalam kehidupannya dalam rangka eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penelitin ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh pendidikan kebhinnekaan dalam pembentukan karakter kebangsaan siswa yang terinegrasi dalam proses pembelajaran Kemuhammadiyahan. Rancangan penelitian ini menggunakan action research design dengan pendekatanan layanan konseling kelompok sebagai perlakun terhadap subyek penelitian melalui rancangan pretest-postest. Hasil penelitan menunjukkan bahwa pendidikan kebhinnekaan dapat meningkatkan pembentukan karakter kebangsaan siswa yang terintegrasi dalam pelajaran Kemuhammadiyahan dengan persentase peningkatan nilai 16.2.