Pengembangan Model Pembelajaran Direct Instruction Berbasis Multiple Intelegence pada Mapel IPA di Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengembangan model Direct Instructin berbasis Multipel Intelegence pada maple IPA di Sekolah Dasar pada sektor hasil belajar dan peningkatan potensi multiple intelegence. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kemirirejo Kota Magelang, Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, tes, observasi, dan angket. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis deskriptif kualitatif, analisis ketuntasan klasikal, analisis ketuntasan rata-rata uji t, analisis uji banding sample t test, dan analisis peningkatan uji Normalized Gain, serta angket potensi multiple intelegence.
Hasil penelitian menunjukkan rata rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 84 yang melebihi batas KKM sebesar 72 , sehingga tuntas secara klasikal dan individual. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 82 lebih baik dari kelas kontrol yang memperoleh rata-rata 76. Uji Normalized Gain menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 50,2 % dalam kategori sedang, sedangkan rata rata skor kepedulian lingkunag kelas eksperimen berada pada angka 41 dengan kategori sedang.