Pengaruh Pengambilan Serumen Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar Di Wilayah Kerja Puskesmas Mertoyudan I Kabupaten Magelang
Main Article Content
Abstract
Ada beberapa factor yang mempengaruhi prestasi belajar, salah satunya adalah kemampuan mendengar yang baik.Seseorang dapat menerima pesan suara setelah ada getaran suara yang masuk melalui liang telinga, kemudian diterima oleh mekanoreseptor. Bila liang telinga terhalang oleh sumbatan (serumen) maka akan mengganggu penerimaan suara. Pengambilan serumen dimaksudkan untuk menghilangkan halangan hantaran suara sehinga dapat mengatasi gangguan proses mendengar.
Jenis penelitian ini menggunakan desain pra-eksperiment bersifat retrospektif yang menggunakan rancangan penelitian pre-post test dalam satu kelompok atau one group pre-post test desain. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengalami penumpukan serumen pada telinganya dan telah dilakukan intervensi pengambilan serumen oleh petugas kesehatan. Sampel penelitian adalah siswa kelas VI yang sebelumnya tidak cacat tuli, berjumlah 30 siswa.
Dengan membandingkan nilai raport satu semester sebelum dan satu semester sesudah dilakukan intervensi pengambilan serumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai raport rata-rata 6,55 dan setelah pengambilan serumen meningkat menjadi 7,09 dengan nilai t-tes=6,481 dengan nilai probabilitas 0,001. Hal tersebut menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pengambilan serumen terhadap peningkatan prestasi belajar pada siswa SD di wilayah kerja Puskesmas I Mertoyudan Magelang.Saran dari penelitian ini adalah perlunya pemantauan secara berkala dari petugas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan umum pada siswa sekolah, yang didukung oleh kebijakan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan maupun sector lain yang terkait.
Downloads
Article Details
- Authors who publish their articles in JHNS retain full copyright of their work.
- JHNS does not require authors to transfer their copyright to the journal or its publisher, Universitas Muhammadiyah Magelang. The authors grant JHNS a license for the first publication.
- As copyright holders, all authors have rights to reuse their work published in JHNS, subject to proper acknowledgment of the original publication in JHNS (including a full citation and DOI link) and the terms of the CC BY-NC 4.0 license. These rights include, but are not limited to:
1) Posting copies of their published article on personal or institutional websites, or in institutional or other non-commercial subject repositories (as detailed in JHNS's Repository Policy).
2) Reproducing their article, in whole or in part, in other works created by them (e.g., in a book chapter or a review article), with proper citation to the JOSI publication.
3) Using their article for teaching purposes or internal institutional use.
4) Presenting their article at meetings or conferences and distributing copies.