Perbedaan Perkembangan Bahasa Pada Anak Prasekolah Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua Di Tk Pertiwi 53 Geblag Bantul Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode observasional atau noneksperimen dengan pendekatan waktu cross sectional. Rancangan penelitian ini adalah studi perbandingan, yaitu membandingkan atau membedakan perkembangan bahasa pada anak prasekolah ditinjau dari pola asuh orang tua. Sampel sebanyak 63 responden diambil dengan teknik simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan tes perkembangan bahasa anak prasekolah dan kuesioner pola asuh orang tua yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian validitas menggunakan rumus Product Moment, sedangkan reliabilitasnya menggunakan Cronbach Alpha dengan hasil Alpha = 0,9049.
Data dianalisis menggunakan uji Analysis of Variance (Anova). Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara perkembangan bahasa pada anak prasekolah ditinjau dari pola asuh orang tua di TK Pertiwi 53 Geblag Bantul Yogyakarta tahun 2008 (F = 11,012; p = 0,000 atau p < 0,01). Analisis data dengan menggunakan Post Hoc Test “Multiple Comparison” dan t-test didapatkan hasil bahwa pola asuh demokratis adalah pola asuh orang tua yang paling baik. Oleh karena itu disarankan kepada orang tua untuk menerapkan pola asuh demokratis dan untuk guru TK disarankan mengajar anak didiknya menggunakan cara demokratis, sehingga perkembangan bahasa anak menjadi lebih baik.
Downloads
Article Details
- Authors who publish their articles in JHNS retain full copyright of their work.
- JHNS does not require authors to transfer their copyright to the journal or its publisher, Universitas Muhammadiyah Magelang. The authors grant JHNS a license for the first publication.
- As copyright holders, all authors have rights to reuse their work published in JHNS, subject to proper acknowledgment of the original publication in JHNS (including a full citation and DOI link) and the terms of the CC BY-NC 4.0 license. These rights include, but are not limited to:
1) Posting copies of their published article on personal or institutional websites, or in institutional or other non-commercial subject repositories (as detailed in JHNS's Repository Policy).
2) Reproducing their article, in whole or in part, in other works created by them (e.g., in a book chapter or a review article), with proper citation to the JOSI publication.
3) Using their article for teaching purposes or internal institutional use.
4) Presenting their article at meetings or conferences and distributing copies.