Pengaruh Pelatihan Kader Terhadap Peningkatan Pengetahuan Perawatan Pada Gangguan Jiwa Di Wilayah Puskesmas Sawangan Kabupaten Magelang
Main Article Content
Abstract
Latar belakang: Kesehatan jiwa merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kesehatan. Gangguan jiwa pada masyarakat akan memberikan dampak tidak saja pada individu tapi juga pada keluarga dan masyarakat. Kader kesehatan jiwa adalah salah satu peran serta masyarakat yang ikut membantu tenaga kesehatan dalam melakukan perawatan pada gangguan jiwa yang ada di wilayah masyarakat. Peningkatan kemampuan kader melalui pelatihan sangat diperlukan. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Quasi experimental pre-post test non equivalent control group. Sampel penelitian ini 24 sampel yang terbagi menjadi 12 sampel kelompok eksperimen dan 12 sampel kelompok kontrol. Hasil: Hasil analisis didapatkan nilai p value = 0,003 dan nilai signifikasi lebih besar dari 0,05 yang berarti H0 ditolak, jadi dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan rerata antara post test skor pengetahuan kader pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol
Downloads
Article Details
- Authors who publish their articles in JHNS retain full copyright of their work.
- JHNS does not require authors to transfer their copyright to the journal or its publisher, Universitas Muhammadiyah Magelang. The authors grant JHNS a license for the first publication.
- As copyright holders, all authors have rights to reuse their work published in JHNS, subject to proper acknowledgment of the original publication in JHNS (including a full citation and DOI link) and the terms of the CC BY-NC 4.0 license. These rights include, but are not limited to:
1) Posting copies of their published article on personal or institutional websites, or in institutional or other non-commercial subject repositories (as detailed in JHNS's Repository Policy).
2) Reproducing their article, in whole or in part, in other works created by them (e.g., in a book chapter or a review article), with proper citation to the JOSI publication.
3) Using their article for teaching purposes or internal institutional use.
4) Presenting their article at meetings or conferences and distributing copies.